Home » , , » Manfaat Masalah Dalam Kehidupan

Manfaat Masalah Dalam Kehidupan

Setiap manusia di dunia ini yang masih hidup pasti memiliki masalah. Masalah bisa timbul karena hasil perbuatan sendiri, berupa musibah atau sekedar kesialan belaka. Namun bila direnungkan lebih mendalam semua yang terjadi di dunia ini tidak terlepas dari hukum sebab akibat. Terkadang orang menyesali hidupnya lalu iri terhadap orang lain yang menurutnya lebih beruntung terkadang mereka mengatakan hidupku tiada arti, Ternyata hal itu salah semakin banyak masalah semakin kuat pula pondasi orang tersebut dalam menjalani hidup.

Kalau kita telaah dari berbagai pengalaman , kebanyakan orang yang hidupnya banyak diuji dengan cobaan dan penderitaan, mereka lebih bisa berfikir kritis, bijak, dan cenderung lebih dewasa memandang hidup mereka. Mereka lebih berhati-hati dan sabar, lebih berani, lebih peka pada lingkungan sekitar, pikiran mereka juga lebih tanggap dalam inisiatif. Saya rasa masalah mereka telah mengasah pribadi dan emosi mereka menjadi lebih kaya.

Sebaliknya, teman-teman yang terbiasa hidup dalam kemudahan dan kesenangan cenderung lebih kekanak-kanakan, kurang peduli pada sekitar, kurang kreatif dan inisiatif. Mereka pun cenderung kurang sabar, lebih suka mengerjakan sesuatu dengan cara praktis , itu mungkin yang menghambat kreatifitas dan inisiatif mereka. Dalam hal berfikir mereka cenderung lebih lambat, masalah besar mereka biasanya adalah malas, tidak memiliki tekad dan pendirian yang kuat, manja dan kurang berani. Dalam hal emosi, mereka kurang kaya, pribadi mereka kurang berwarna karena dalam bersosialisasi biasanya bahasan mereka terbatas hanya tentang hal yang mereka senangi dan cenderung lebih cuek terhadap orang lain. Kalaupun tidak cuek, mereka pasti ketergantungan terhadap bantuan orang lain, mereka kurang bisa mandiri.

Apabila timbulnya masalah dalam hidupnya tersebut dijadikan sebagai momen evolusi kepribadian maka tak menutup kemungkinan masalah yang diderita bisa menempa sisi kebaikan lalu meningkatkan derajatnya menjadi kemuliaan. Sehingga dari semula manusia baik lalu kemudian meningkat menjadi jauh lebih baik lagi.

Namun bagi yang kurang kuat mentalnya, biasanya masalah justru akan semakin memperburuk derajat sikap dan sifatnya. Terutama bagi mereka yang tidak bisa intropeksi diri dan hanya bisa menyalahkan pihak lain atau keadaan, sifat buruk yang dimilikinya akan berubahnya menjadi semakin buruk. 

Sesungguhnya hidup tanpa masalah bagaikan sayur tanpa garam, kurang sedap. Akan tetapi apapun masalah yang kita hadapi semuanya pasti ada hikmahnya percayalah Tuhan ada disampingmu, meminta dan berdo'alah kepadaNya niscaya akan Ia berikan.

Apapun Masalah anda Minumnya Teh Botol Sosro, Maaf Bukan Promosi. Hehehehehehehehehe...



Share this article :

+ komentar + 4 komentar

16 April 2012 15.16

dengan adanya masalah dapat melatih pola pikir kita membuat kita dewasa secara baik ...

18 April 2012 08.26

Ya benar banget gan...
yang pasti semau masalah pasti ada hikmah nya tersendiri bagi kita...

18 April 2012 09.58

yg penting masalahnya jangan tiap hari aja ya sob..hehe
oia salam kenal ya, sekalian ijin follow blog ini :))

30 April 2012 22.49

Salam kenal juga sob...
silahkan follow...

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. HMI Tulang Bawang . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger